Putu Eka Bahasar - Sarah Brownlow

Puta Eka

Putu Eka Winangun - Pemimpin Kelompok Lingkungan Hidup di Desa Pererenan dan Direktur Desa Merah Putih Hijau (MPH)

Putu Eka memulai kelompok lingkungan desanya di Desa Pererenan yang kini memiliki 50 relawan. Dengan dukungan dari pemerintah daerah, dia merancang tiga peraturan untuk mengatasi penurunan jumlah ikan, udang dan burung di wilayahnya; menghentikan kegiatan pemancingan ikan menggunakan pestisida dan listrik; serta menghentikan perburuan burung. Jika ada yang melakukan pelanggaran terhadap tiga perturan ini, PGL dapat mengenakan denda dan hukuman berupa kewajiban melaksanakan layanan masyarakat kepada pelanggar, untuk membantu mengurangi beberapa dampak negatif yang telah mereka lakukan terhadap lingkungan.

Sejak melaksanakan kampanye lingkungan ini lima tahun yang lalu, masyarakat Perenenan telah menyaksikan penurunan prevalensi berbagai praktik yang merugikan lingkungan ini hingga 80% dan telah melihat jumlah ikan, udang dan burung meningkat. PGL mengadakan acara secara lokal untuk membantu meningkatkan kesadaran dan mengembangkan kecintaan akan aktivitas di lingkungan alam. PGL mengundang warga desa lain ke acara mereka serta berbagi cerita mengenai kegiatan yang dilakukan, sehingga warga desa lain juga dapat belajar melindungi lingkungan alam mereka.

Putu Eka juga membantu pembentukan Merah Putih Hijau (MPH), sebuah kelompok lokal yang berfokus pada penanggulangan isu sampah dan limbah plastik di Bali melalui sistem pengelolaan limbah dan program pendidikan.

Keterlibatan Putu Eka di Desa Pererenan dan MPH telah membuat perbedaan besar terhadap kualitas lingkungan alam setempat dan dia bekerja dengan tekun untuk memastikan bahwa pesan tersebut direplikasi di wilayah lain di seluruh Bali.


24 Modena Road, Hove, East Sussex, BN3 5QG | tel. +44 7810 486 581 | sarah@sarahbrownlow.com


Powered by SmugMug Log In